Minggu, 18 April 2010

Apakah anda tahu?

1. Saat computer dihidupkan dan tampilan monitor terlihat blank, jika dicek lampu & kipas CPU nyala, hal ini mungkin disebabkan:
  • Ram memory kotor/tidak terbaca
  • Korslet pada terminal "reset" di CPU
  • Prosesor damage
  • Mainboard damage
2. Mencari driver VGA/sound atau yang lainnya tidak harus berpatokan pada website dari merk mainboardnya. Karena bisa terjadi driver yg didapatkan dari website salah satu merk mainboard tidak mau compatible dengan komponen hardware tersebut. Misalkan: saat mencari driver VGA untuk mainboard jenis MSI N1996 / PM8M-V / MS-7104 Ver 2.A
Saat itu saya masuk ke website MSI: www.msi.com setelah dapat driver dan mencoba diinstall muncul pemberitahuan: "Setup was unable to complete the installation. Check the progress log in your Windows directory for more details."
Dengan bantuan om google saya disarankan masuk ke website http://www.via.com.tw/en/support/drivers.jsp dengan memilih: Microsoft Windows -> Windows XP -> Integrated Graphics -> PM800
Jadi kalau driver yang kita download tidak mau support, cari tahu type VGA onboardnya dalam hal ini MSI N1996 / PM8M-V / MS-7104 Ver 2.A memakai VGA Via/S3 kemudian download langsung dari website VGA tersebut.

3. Jika computer setelah sekian lama dihidupkan kemudian tiba tiba blank tanpa ada tampilan kemungkinan hal ini disebabkan oleh:
  • Hardisk akan mati
  • Coba cek stavoltnya dengan cara melepasnya
  • mainboard-nya
4. Saat selesai install driver printer HP ada muncul pesan : "spooler subsystem app, ecountered a problem and needed to close. windows canot connect to the printer. the local print spooler service is not running. please restart the spooler or restart the machine." Setelah itu computer akan hang!! untuk mengatasinya:
  • klik start --> printer and faxes --> klik kanan pada device printer yang baru diinstal --> properties --> advanced --> hilangkan centang pada tulisan "enable advance printing features --> ok
  • restart komputer
5. Printer canon saat diberi perintah print ada pesan "black catridge / colour catridge run out" cara mengatasinya: langsung tekan tombol resume --> tahan selama 5 detik --> release (so easy..)

6. Printer canon atau epson saat diberi perintah print ada pesan "the waste ink absorber is full. contack the service center for the replacement of the waste ink absorber" artinya busa penyerap tinta didalam printer sudah penuh jadi harus diganti atau dibersihan. Setelah itu printer harus direset dengan software khusus, agar "waste main" yang tadinya 100% menjadi 0% kembali.
NB: saat printer ngeprint, sekali proses sekitar 40% tinta akan dibuang kedalan tangki reservoir dan diserap oleh busa (ink absorber) setelah pemakain sekian lama printer akan membaca "ink absorber full"