Sabtu, 27 Maret 2010

OVER FREKWENSI


Hari ini habis install ulang CPU customers dan ganti VGA (HD3450), setelah dipasang dirumahnya, terjadi masalah gambar tidak muncul hanya tulisan pemberitahuan "over frekwensi".

Setelah dianalisa ternyata resolusi monitor lebih kecil dari resolusi VGA yang digunakan. Jadi harus ganti dengan monitor yang high resolusi and high frekwensi.

Solusi Sementara:

Masuk safe mode (tekan F5) ==> Device manager ==> kemudian uninstall display adapter ==> Setting screen resolution 800 x 600 ==> Restart Komputer
Setelah masuk windows, secara otomatis VGA dikenal dan diinstall, setelah itu klik kanan background ==> display properties ==> setting ==> advanced ==> monitor ==> ubah nilai screen refresh rate.
Contoh: jika nilainya 60Hertz ubah ke satu tingkat ke bawah menjadi 56 Hertz (ingat over frekwensi = kelebihan frekwensi)
Kalau sudah sesuai maka komputer berjalan normal jika belum, lakukan langkah dari awal dan ubah nilai screen refresh rate dibawah 56 Hertz.
Kalau belum mau, coba ubah nilai DPI settingnya. Kenilai yang lebih tinggi. . .

Catatan: Tidak disarankan dalam jangka panjang hanya untuk sementara (beberapa jam)
Bisa merusak motherboards, proc atau VGA itu sendiri (sebabnya komputer dipaksa bekerja pada keadaan yang tidak optimal). Jadi cepat belikan monitor yang sesuai...

Semoga bisa membantu, thanks