Selasa, 27 April 2010

iblist_pashter_newbie.exe

Ketemu kasus, computer pc lambat minta ampun. Setelah di chek ternyata setiap drive (C,D ... dst) di hardisk ada ribuan file dengan nama "iblist_pashter_newbie.exe". Anehnya file ini tidak meng-copy diri didalam folder yang terdapat disetiap drive. Gejala yang disebabkan adalah computer menjadi super lemot..

Semua anti virus dicoba diinstall, yang impor ataupun lokal hasilnya semua anti virus tersebut tidak ada yang detect file tersebut sebagai virus. Wah hebat neh virus..
Dicoba menghapus biasa dari windows explorer, ternyata filenya bisa dihapus. Tapi karena filenya ada ribuan, bahkan satu drive ada sampai 10.000 file!!! Dan kalau diblok langsung menyebabkan computer hang.

Akhirnya dicoba jumper Hdd yang bermasalah ke komputer sehat kemudian masuk dos (ketik cmd pada run) dan berikan perintah "del *.exe" artinya menghapus semua file dengan extensian .exe dibelakangnya. Ternyata ampuh semua file "iblist_pashter_newbie.exe" didelete dalam waktu tidak terlalu lama. Untuk lebih bagusnya drive c-nya diformat dan install ulang semua program.

Virus yang hebat ternyata hanya perlu dihapus lewat dos. Kalau sudah tahu caranya kelihatan gampang tapi kalau belum tahu, pusink....